Musik Sendu Bisa Bangkitkan Emosi Positif

Musik Sendu Bisa Bangkitkan Emosi Positif

Musik Sendu Bisa Bangkitkan Emosi Positif

ANDA suka mendengarkan musik-musik bernuansa sendu? Tidak ada salahnya jika kebiasaan itu dipertahankan. Sebab, hasil penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa musik sendu bisa membangkitkan emosi positif. Kesimpulan ini didapat dari studi dari peneliti Jepang.
Adalah Ai Kawakami beserta rekan-rekannya dari Tokyo University of Arts dan RIKEN Brain Science Institute, Jepang, yang telah meneliti fenomena musik sendu ini. Dalam penelitian itu, tim peneliti meminta 44 relawan -baik dari kalangan musisi hingga kalangan awam- untuk mendengarkan dua jenis musik, yakni yang ceria dan yang sendu.
Selanjutnya, para relawan diminta mendeskripsikan persepsi dan perasaan emosi mereka atas musik yang didengar. Hasilnya, para relawan merasakan pertentangan emosi. Mereka cenderung merasa sedih saat mendengarkan musik sendu.
"Musik yang dianggap sendu sebenarnya menginduksi emosi romantis dan emosi sedih," kata Kawakami seperti yang dilansir laman Deccan Chronicle, Senin (29/7).
Berbeda dengan kesedihan sehari-hari, rasa sedih yang diungkap lewat musik justru menyenangkan. Sebab, kesenduan di dalam musik tidak mengancam seperti dalam kehidupan nyata. "Musik sendu ini bisa membantu mengatasi emosi negatif dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Kawakami. Source: www.riaupos.co