12 Mahasiswa Asing Menari Tradisional

-Sebanyak 12 mahasiswa asing dari berbagai negara penerima program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) Kementerian Luar Negeri unjuk kebolehan dalam bidang seni tari tradisional di Surabaya Plasa Hotel, Senin.

Kegiatan itu merupakan bagian evaluasi tahap pertama dari proses pendidikan dan pelatihan budaya yang akan mereka terima selama tiga bulan menjalani program tersebut di Surabaya.

Para mahasiswa tersebut berasal dari 12 negara, yakni Thailand, Vietnam, Jerman, Timor Leste, Vanuatu, Fiji, Kepulauan Solomon, Afrika Selatan, Samoa, Tuvalu, Rusia, dan Indonesia.

Dalam kesempatan itu, terdapat dua tarian yang ditampilkan, yakni Tari Glipang dari Kabupaten Probolinggo yang dibawakan enam mahasiswa putra dan Tari Sparkling Surabaya disajikan enam mahasiswa putri.

"Tidak mudah melatih mereka belajar tari tradisional Jawa Timur, karena latar belakang mereka yang berbeda-beda," kata Diaztiarni Azhar, pelatih tari mahasiswa asing itu.

Pimpinan Produksi Program Pelatihan dan Pengenalan Seni Budaya Jatim itu menjelaskan para mahasiswa program BSBI tersebut hanya enam orang yang memiliki latar belakang sebagai penari.

"Mereka menjalani latihan empat kali seminggu, selain juga belajar budaya lain Indonesia, seperti bahasa, kehidupan sosial dan lainnya," tambah Diaz.

Menurut dia, mahasiswa yang tergabung di program BSBI tersebut mendapatkan banyak pengetahuan seni dan budaya Indonesia, khususnya Jatim dalam berbagai bentuk dan aspek.

"Kami memberikan pengetahuan, seperti Bahasa Indonesia, seni tari dan karawitan, seni lukis, membatik, dan pahat topeng, sampai pembuatan kerajinan anyaman. Sejumlah pengetahuan itu akan kami berikan secara berkala selama tiga bulan," katanya.

Sukolovsky Alexey, mahasiswa asal Rusia penerima BSBI, mengaku senang dan bangga bisa mempelajari seni budaya yang dimiliki Indonesia, kendati awalnya sempat kesulitan.

"Ini sebuah pengalaman yang tidak terlupakan dan tarian tradisional Indonesia cukup dinamis. Saya senang bisa menjadi bagian dari program ini," kata Alexey usai pertunjukan tari tersebut.Source:Kompas.com