Sawahlunto Gelar Festival Musik Kerawitan Antar SLTA se Sumbar

Sawahlunto Gelar Festival Musik Kerawitan Antar SLTA se Sumbar

SAWAHLUNTO- Kota sawahlunto akan mengelar festival musik kerawitan atar SLTA se Sumatra barat, pada 16 Oktober mendatang.
Ketua Panitia Yusfinelly Balma didampingi Syukri mengatakan, materi festival adalah musik tradisional Minangkabau yang berakar dari daerah atau alat musik dan repertoar tradisional. Merupakan sebuah komposisi musik, arransement dari lagu-lagu tradisonal atau lagu-lagu daerah.
Repertoar atau karya yang dipentaskan boleh lebih dari 1 buah, bersifat non lomba dan pendaftaran terbatas maksimal 30 group, dengan jumlah peserta maksimum 8 orang masing group
Penampilan peserta, jelas Syukri, instrumen yang digunakan adalah instrumen tradisional non elektrik, , menggunakan pakaian daerah sesuai dengan tema garapan,. “Peserta menyediakan dan membawa instrumen musik sendiri, dengan lama waktu penyajian 10 sampai 15 menit” ulasnya.
Para peserta wajib menyerahkan lay out atau gambar susunan instrument alat musik yang dimainkan untuk keperluan setting sound system pada saat pendaftaran. Penyerahan lay out instrumen dikirim sebelumnya, karna festival akan dilakukan di luar ruangan.
Walaupun tak memilih juara, sebutnya, 5 group penyaji terbaik tanpa peringkat dan 1 group terbaik pilihan penonton akan mendapat trophy Walikota Sawahlunto, piagam penghargaan dan uang tunai.”1 group disiplin pilihan panitia, 1 group diantara penyaji terbaik tanpa peringkat akan diikutsertakan sebagai pengisi acara pada panggung Sawahlunto Internasional Ethnic Music Festival 2010 pada tanggal 3 – 5 Desember nanti. (tumpak) .Source:padangmedia.com -